DESAIN DIDAKTIS PADA KONSEP KOMPONEN VEKTOR BERDASARKAN HAMBATAN BELAJAR PADA SISWA SMA Putri Rani Lestari, Heni Rusnayati, Agus Fany Chandra Wijaya
Universitas Pendidikan Indonesia
Abstract
Pembelajaran yang dilakukan guru akan memunculkan suatu respon yang memungkinkan munculnya hambatan belajar jika respon tersebut tidak ditangani dengan baik. Hambatan tersebut dapat diakibatkan oleh ketidaksesuaian tingkat kemampuan anak (hambatan ontogeni), keterbatasan konteks dalam memahami sebuah konsep (hambatan epistemologis), atau hambatan yang diakibatkan oleh penyampaian materi oleh guru saat pembelajaran (hambatan didaktis). Untuk mengantisipasi munculnya hambatan tersebut, guru perlu mempertimbangkan interaksi antara guru, siswa, materi yang nantinya dapat menghasilkan suatu rangkaian situasi didaktis (desain didaktis) yang membuat proses belajar dalam diri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat suatu desain didaktis berdasarkan hambatan epistemologis, yang dilihat dari TKR, dan hambatan didaktis, yang dilihat dari proses pembelajaran, pada konsep komponen vektor. Desain penelitian yang digunakan adalah Didactical Design Research dengan metode kualitatif deskriptif. Desain didaktis yang dibuat, diimplementasikan di tiga kelas berbeda di satu sekolah yang sama. Dari penelitian ini diidentifikasi hambatan yang dialami siswa saat mempelajari komponen vektor adalah sulit menggambarkan penguraian vektor di koordinat cartesius dan sulit untuk menentukan besar dari komponen vektor. Persentase awal jumlah siswa yang sulit menggambarkan penguraian vektor di koordinat cartesius berkisar 69,79 % dan jumlah siswa yang kesulitan dalam menentukan besar dari komponen vektor sekitar 71,43 %. Secara singkat, desain didaktis untuk konsep ini dimulai dengan siswa yang harus terlebih dahulu menguasai cara menggambarkan vektor di koordinat Cartesius, kemudian siswa diajarkan langkah untuk menggambarkan komponen vektor dengan menggunakan media untuk penggambaran komponen vektor, setelah itu barulah siswa diperkenalkan dengan aturan trigonometri pada segitiga yang nantinya dihubungkan dengan penentuan besar komponen vektor.
If your conference is listed in our system, please put our logo somewhere in your website.
Simply copy-paste the HTML code below to your website (ask your web admin):