Analisis Representasi Buku IPA Siswa Kelas VII pada Tema Kalor dalam Perubahan Wujud Zat Rima Nurmalasari (a*), Ari Widodo (b), Wahyu Sopandi (b)
a) Program Studi Pendidikan IPA, Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia Jalan Dr. Setiabudhi No.229, Bandung rimanur07[at]gmail.com
b) Universitas Pendidikan Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi yang terdapat pada buku ajar IPA pegangan siswa kelas VII pada tema kalor dalam perubahan wujud zat. Representasi yang dikaji meliputi representasi verbal, simbolik, dan visual. Representasi verbal merupakan penjelasan desktiptif berupa teks. Representasi simbolik meliputi simbol-simbol dalam konsep IPA, rumus, dan persamaan matematika. Sementara, representasi visual dapat berupa grafik, gambar, dan diagram. Selanjutnya, representasi yang terdapat pada buku ajar dikelompokkan menjadi representasi tunggal dan multi representasi. Penelitian ini menggunakan metode studi dokumentasi menggunakan lembar analisis representasi terhadap 11 aspek konsep pada tema kalor dalam perubahan wujud zat. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu diperoleh satu buah buku ajar IPA pegangan siswa kelas VII SMP terbitan Kemdikbud. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan persentase representasi verbal pada buku ajar IPA kelas VII sebesar 54,5%, representasi simbolik sebesar 9,1%, dan representasi visual sebesar 36,4%. Sementara itu, berdasarkan hasil analisis representasi juga diperoleh 36,4% konsep dengan multi representasi (representasi ganda), 27,2% konsep dengan representasi tunggal, dan sisanya konsep tidak disajikan dalam buku ajar. Untuk itu dipandang perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai pengembangan bahan ajar berbasis multi representasi.
Keywords: representasi, buku ajar IPA kelas VII, kalor dalam perubahan wujud zat
If your conference is listed in our system, please put our logo somewhere in your website.
Simply copy-paste the HTML code below to your website (ask your web admin):