Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa Melalui Penerapan Model Inkuiri Terbimbing pada Eksperimen Kinetika Enzim Nadia Amida (a*), F.M. Titin Supriyanti (a), Liliasari (a)
a) Departemen Pendidikan Kimia, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia Jalan Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung 40154, Jawa Barat *nadia.amida[at]gmail.com
Abstract
Praktikum biokimia merupakan matakuliah wajib pada program studi kimia jenjang pendidikan S1 di universitas. Inkuiri yang dilakukan pada eksperimen dapat meningkatkan kemampuan kognitif, kemampuan berargumen, pemahaman konsep, keterampilan berpikir dan pembelajaran yang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa melalui eksperimen kinetika enzim berbasis material lokal dengan penerapan inkuiri terbimbing. Keterampilan berpikir kreatif yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), dan kejelasan (elaboration). Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan menggunakan desain penelitian randomized control group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil uji statistik keterampilan berpikir kreatif mahasiswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan. Hal ini dilihat dari nilai signifikansi yang diperoleh pada masing-masing indikator. Untuk kelancaran (fluency) nilai signifikansi pada uji-t yang diperoleh yaitu 0,000 dengan nilai thitung 4,848 dan ttabel 2,030 ; nilai signifikansi keluwesan (flexibility) pada uji Mann Whitney 0,042; dan nilai signifikansi kejelasan (elaboration) pada uji Mann Whitney 0,019 dengan taraf signifikansi yang digunakan 5%. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa eksperimen kinetika enzim menggunakan model inkuiri terbimbing lebih meningkatkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa dibandingkan dengan eksperimen kinetika enzim yang tidak menggunakan model inkuiri terbimbing.
If your conference is listed in our system, please put our logo somewhere in your website.
Simply copy-paste the HTML code below to your website (ask your web admin):