Studi Komputasi Gerak Bouncing Ball pada Vibrasi Permukaan Pantul Haerul Jusmar Ibrahim (a*), Arka Yanitama (a), Henny Dwi Bhakti (a), Sparisoma Viridi (b)
a) Program Studi Magister Sains Komputasi, FMIPA ITB *haerul.jusmar[at]gmail.com b) Fisika Nuklir dan Biofisika, FMIPA ITB
Abstract
Penelitian mengenai gerak suatu benda dalam suatu sistem fisis dengan simulasi numerik telah banyak dikaji. Pada penelitian ini, dilakukan studi komputasi pada gerak bouncing ball. Fenomena bouncing ball merupakan sebuah kasus klasik yang dapat diselesaikan secara numerik dengan menyelesaikan persamaan diferensial dari persamaan gerak dengan integrasi secara numerik. Gaya-gaya yang mempengaruhi gerak bola pada sistem yang diamati yaitu gaya gravitasi, gaya drag, dan interaksi bola dengan permukaan pantul. Simulasi dilakukan untuk mempelajari gerak bola yang dijatuhkan terhadap pengaruh perbedaan ketinggian awal bola, massa bola, dan jari-jari bola dengan asumsi sistem dapat dipandang sebagai sistem satu dimensi dengan gerak bola hanya pada arah y saja. Simulasi telah divalidasi dengan hasil eksperimen sederhana. Parameter-parameter dari hasil eksperimen tersebut digunakan dalam simulasi. Dari hasil simulasi, diperoleh bahwa waktu berhenti bola semakin cepat jika massa bola lebih ringan, jari-jari bola lebih kecil, atau ketika bola dijatuhkan pada ketinggian awal yang lebih rendah. Pada pengujian lain, dilakukan variasi pada permukaan pantul dengan memberikan permukaan yang bergetar dengan frekuensi tertentu. Dari hasil pengujian tersebut diperoleh hasil yang menunjukkan kestabilan sistem dapat teramati pada daerah frekuensi 1.00 Hz sampai 3.75 Hz.
If your conference is listed in our system, please put our logo somewhere in your website.
Simply copy-paste the HTML code below to your website (ask your web admin):