Identifikasi Miskonsepsi Astronomi dengan Gaya Soal yang Berbeda Menggunakan Metode CRI (Certainty of Response Index) Novia Ekawanti (a*), Fera Gustina Purwati (b), Premana W. Premadi (c)
a) Pascasarjana Astronomi, Institut Teknologi Bandung Jalan Ganesha 10, Bandung 40132, Indonesia *noviafis8[at]gmail.com
b) Pascasarjana Astronomi, Institut Teknologi Bandung Jalan Ganesha 10, Bandung 40132, Indonesia
Abstract
Ilmu astronomi sebenarnya selalu ada dalam kehidupan sehari- hari. Namun, di negara kita masih jarang disentuh. Bahkan di sekolah- sekolah, belum banyak diperkenalkan secara luas dan mendalam kepada siswa- siswinya. Dari hasil penelitian sebelumnya, ternyata masih banyak terjadi kesalahpahaman konsep (miskonsepsi) pada siswa- siswi mengenai ilmu astronomi ini. Penelitian ini mendeteksi seberapa besar miskonsepsi astronomi yang masih terjadi pada siswa- siswi SMP dan SMA. Peneliti membuat 20 pertanyaan yang mengacu pada materi kurikulum 2006. Dengan pertimbangan, masih banyaknya sekolah yang menggunakan kurikulum tersebut. Soal- soal yang diberikan, mencakup 10 konsep astronomi yang dibuat dalam 2 gaya soal berbeda. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi apakah siswa tersebut benar- benar paham dengan konsep astronomi yang telah diberikan ataukah tidak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode CRI (Certainty of Response Index) dengan tipe soal pilihan ganda. Penelitian ini memiliki topik yang relevan dengan area bidang pembelajaran (EDU). Dari sini kita dapat mengidentifikasi siswa yang mengalami miskonsepsi dan memilahnya dari siswa yang tidak tahu konsep dengan yang benar- benar mengetahui konsep secara lebih efektif. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat menjadi bahan refleksi guru dalam memperbaiki pembelajaran astronomi selanjutnya dan sebagai acuan dalam mendeteksi miskonsepsi siswa di berbagai bidang ilmu.
Keywords: miskonsepsi astronomi, gaya soal berbeda, CRI (Certainty of Response Index)
If your conference is listed in our system, please put our logo somewhere in your website.
Simply copy-paste the HTML code below to your website (ask your web admin):