The Relationships Among Market Orientation, Customer Engagement, And Innovation Performance Of Manufacturing Smes Ni Made Wahyuni, I Made Sara, Ida Ayu Sri Meitri
Department of Management, University Warmadewa, Denpasar, Bali, Indonesia Faculty of Economic, University Warmadewa, Denpasar, Bali, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan model kinerja inovasi (innovation performance) berdasarkan pengaruh orientasi pasar (market orientation) dan keterlibatan pelanggan (customer engagement). Praktik orientasi pasar melalui keterlibatan pelanggan memungkinkan perusahaan mencapai kinerja inovasi konteks usaha kecil menengah (UKM) manufaktur Bali. Model konseptual dikembangkan untuk menganalisis peran mediasi keterlibatan pelanggan dalam hubungan orientasi pasar dan kinerja inovasi. Rancangan penelitian adalah cross-sectional. Data kuantitatif dikumpulkan dengan 242 tanggapan yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner yang dilakukan pada manajer atau pemilik UKM manufaktur di Bali. Model diuji menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menemukan bahwa memiliki praktik orientasi pasar yang kuat dan keterlibatan pelanggan yang tinggi sangat penting bagi pencapaian kinerja inovasi. Implikasi praktis dari penelitian ini menunjukkan hasil yang dapat diperoleh organisasi dengan membangun dan mengelola perilaku berorientasi pasar dan keterlibatan pelanggan. Oleh karena itu, memahami praktik orientasi pasar dan keterlibatan pelanggan penting dalam menciptakan kinerja inovasi yang lebih baik.
If your conference is listed in our system, please put our logo somewhere in your website.
Simply copy-paste the HTML code below to your website (ask your web admin):