PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL MODEL DISCOVERY LEARNING MATERI TEKANAN HIDROSTATIS Saprudin (1), Ade Haerullah (2), In Hi Abdullah (3), A. Rasid Saraha (4)
(1) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Khairun (2) Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Khairun (3) Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Khairun (4) Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Khairun
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media video tutorial model discovery learning pada materi tekanan hidrostatis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pada artikel ini dipaparkan hasil uji kelayakan media video tutorial menurut ahli materi, ahli media pembelajaran, ahli pedagogik dan juga guru-guru fisika sebagai pengguna media. Data uji kelayakan media video dikumpulkan melalui teknik non tes dengan instrumen angket yang ditujukan untuk ahli materi fisika, ahli media pembelajaran, ahli pedagogik dan juga guru-guru fisika sebagai pengguna media. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil uji kelayakan media menurut ahli materi fisika dikategorikan sangat baik (76,4%), menurut ahli media pembelajaran dikategorikan baik (71,8%), menurut ahli pedagogik dikategorikan baik (73%), menurut guru fisika terkait aspek desain media dan keterlaksanaan sintaks model discovery learning dikaterorikan sangat baik dengan besar persentase masing-masing sebesar 82% dan 83,5%. Berdasarkan hasil uji validasi disimpulkan bahwa media video tutorial model discovery learning yang dikembangkan telah layak untuk ditindaklanjuti pada uji coba secara terbatas.
Keywords: Media, Video tutorial, Model discovery learning
If your conference is listed in our system, please put our logo somewhere in your website.
Simply copy-paste the HTML code below to your website (ask your web admin):