Physics Mobile Learning �PML� sebagai Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (Physics HOTS) Peserta Didik SMA Nana Mardiana (a*), Heru Kuswanto (b)
(a) Program Studi Pendidikan Fisika, Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta Jl. Colombo 1, Yogyakarta, Indonesia mdna.nana1[at]gmail.com
(b) Dosen Program Studi Pendidikan Fisika, Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta Jl. Colombo 1, Yogyakarta, Indonesia herukus61[at]gmail.com
Abstract
Pergeseran paradigma pembelajaran abad 21 yang awalnya memberi tahu atau ready to use menjadi kemampuan mencari tahu atau digital literacy menuntut peserta didik untuk mampu memanfaatkan perkembangan teknologi di dalam kehidupan termasuk dalam kegiatan pembelajaran. Physics Mobile Learning "PML" bertujuan memadukan pembelajaran fisika melalui teknologi, khususnya pemanfaatan teknologi Smartphone berbantuan Andriod sebagai media pembelajaran inovatif yang sedang berkembang pesat dan dianggap dapat mengikuti perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui karakteristik Physics Mobile Learning berbantuan android untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika (Physics HOTS) peserta didik SMA; (2) mengetahui kelayakan Physics Mobile Learning berbantuan android yang dikembangkan; serta (3) mengetahui pengaruh penggunaan Physics Mobile Learning berbantuan Android untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika (Physics HOTS) peserta didik SMA. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan mengadaptasi pada model Borg & Gall. Pengembangan dilakukan melalui enam tahapan yaitu; pengumpulan informasi, perencanaan produk, pengembangan produk, validasi produk, evaluasi produk, dan diseminasi. Validasi produk dilakukan oleh satu ahli materi fisika, satu ahli media pembelajaran, lima guru fisika, dan lima peer reviewer. Uji coba produk dilakukan pada peserta didik kelas X IPA SMAN 3 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian kualitas media, tes kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika (Physics HOTS).Hasil penelitian adalah: (1) software Android package(apk) Physics Mobile Learning berbantuan Android pada materi elastisitas dengan karakteristik dapat dioperasikan menggunakan perangkat Android, mendukung pembelajaran fisika SMA yang dapat digunakan di dalam maupun di luar pembelajaran fisika di sekolah, serta menyajikan penjelasan materi, contoh soal, dan latihan soal dalam bentuk permainan yang bervariasi, menarik, dan interaktif; 2) bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinilai layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran ditinjau dari penilaian aspek materi, media dan hasil uji coba peserta didik. Memiliki kriteria kualitas sangat baik berdasarkan penilaian ahli materi, peer reviewer, dan guru fisika dan memiliki kriteria kualitas baik berdasarkan penilaian ahli media pembelajaran dan peserta didik; serta 3) terdapat pengaruh peningkatan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika (Physics HOTS) peserta didik yang menggunakan media pembelajaran Physics Mobile Learning berbantuan Android.
Keywords: Physics Mobile Learning, Inovasi, Android, Physics HOTS.
If your conference is listed in our system, please put our logo somewhere in your website.
Simply copy-paste the HTML code below to your website (ask your web admin):